KERENDAHAN HATI


      Persaingan sudah ada sejak jaman manusia pertama Adam dan Hawa dan sampai saat ini situasi persaingan sudah erambah ke segala penjuru dan relung jiwa manusia. Kecenderungan manusia ingin dihargai, dipandang, ditinggikan, dan dipuji, menjadikan iklim persaingan semakin mendarah daging hampir ke semua lapisan masyarakat.

       Tuhan Yesus mengkontraskan pengajarannya dengan standar dunia. Ketika murid-murid-Nya memakai standar dunia dalam konsep Kerajaan Allah, Yesus tidak segera menanggapi, tetapi Ia memanggil seorang anak kecil dalam rangka mengajarkan konsep yang benar. Anak kecil selalu di posisi tidak penting, lemah tak berdaya, tidak dapat memimpin, dan tidak memiliki ambisi menumpuk kekayaan atau kedudukan. Peragaan Yesus tidak berarti bahwa para murid-Nya harus menjadi anak-anak, tetapi agar mereka memiliki sikap seperti anak kecil. Menjadi anak kecil berarti rela menjadi tak berarti, berani mengakui ketidakberdayaan, dan bertobat dari dosa dan hidup yang berporos ambisi. Seperti inilah sikap seorang yang menyambut Yesus dan memiliki Kerajaan Sorga, yang bukan dengan kebenaran dan kemampuan diri sendiri, sehingga tidak lagi muncul ambisi bersaing menjadi yang terbesar. Dalam Kerajaan Sorga juga tidak berlaku standar dunia tentang kesempurnaan fisik sebagai keindahan. Oleh karena itu Yesus memperingatkan para murid-Nya bila ada anggota tubuh yang menyebabkannya berdosa, ia harus memenggal anggota tubuh tersebut, sehingga tidak menghalangi pertobatannya.

    Merendahkan diri menjadi seperti anak kecil berarti rela menanggalkan segala keakuan, kemampuan, kedudukan, harga diri, dan ambisi, demi Kerajaan Surga yang bernilai kekal. Kita dapat belajar kerendahan hati yang dimiliki seorang anak kecil untuk masuk Kerajaan Surga. Kerendahan hati merupakan suatu kebajikan di mana seseorang hidup apa adanya tanpa berpura-pura dan semata-mata hidup untuk menyenangkan hati Allah. Kesempurnaan dimulai dengan menghadapi kenyataan dengan jujur, dan inilah yang dimaksudkan dengan kerendahan hati seorang anak kecil.

    Seorang anak kecil juga tidak kuatir dan takut akan kehidupannya karena ia tahu bapaknya pasti memelihara dan menyediakan segala yang ia butuhkan. Anak kecil percaya bapaknya baik dan memberikan semua yang terbaik (the best) buat dirinya. Kalau bapak di dunia tahu memberikan yang baik bagi anak-anaknya, apalagi Bapa di sorga memberi rancangan terbaik bagi kita. Sifat lain dari anak kecil adalah suka berada di dekat orang tuanya dan sangat bergantung kepada mereka. Orang yang memiliki iman seperti anak kecil selalu ingin dekat kepada Bapa; hatinya melekat kepada DIA karena menyadari bahwa tanpa Tuhan dirinya lemah tak berdaya dan tidak bisa berbuat apa-apa.

    Orang yang memiliki sikap dan ketulusan seperti anak kecil adalah mereka yang akan memiliki Kerajaan Surga. Menjadi seperti anak kecil bukan berarti bersifat kekanak-kanakan, manja, tidak bertanggung jawab, berperilaku impulsive (kecenderungan untuk bertindak secara cepat mengikuti keinginan hati, tetapi tanpa berpikir panjang), hanya mau comfort zone, suka mengeluh, ngambek, melempar kesalahan ke pihak lain atau self-pity.

    Iman seperti anak kecil bicara tentang kemurnian iman seseorang yang dewasa rohani, tetap percaya walau belum melihat/mengerti, berani keluar dari comfort zone, mengerjakan apa yang menjadi tanggung jawabnya, rela disalah mengerti, tidak mengeluh, berani menanggung resiko dan bayar harga. Ia percaya bahwa Tuhan tidak dapat dibatasi oleh apapun, Tuhan sumber segalanya, dan tidak ada yang mustahil bagiNya. Segala perkara dapat dia tanggung dalam Kristus yang memberinya kekuatan. Orang yang beriman seperti seorang anak kecil akan memiliki pikiran dan perasaan yang terdapat dalam Kristus. @mj


 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

MEMAKNAI PERTOBATAN ; BERUBAH DAN BERBUAH !!

PERTOBATAN MEMBAWA KESELAMATAN

KEBIASAAN BAIK UMAT KATOLIK